Friday, November 24, 2017

0 pengertian sistem operasi


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!







2.1 sistem operasi

Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien (Jogiyanto, HM. : 2002).
Operating System (OS) secara formal pertama kali dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1954 dan pada tahun 1955 oleh General Motors Research Laboratories. Pada awalnya, OS hanya berfungsi untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas (job) komputer bersama-sama secara dikumpulkan terlebih dahulu (batch) (Jogiyanto, HM. : 2002).

          2.2    Komponen Sistem Operasi
Sistem operasi pada umumnya terdiri dari beberapa komponen, antara lain manajemen proses, manajemen memori utama, manajemen file, manajemen sistem I/O, manajemen penyimpan sekunder, system jaringan, system proteksi dan system command interpreter (Jogiyanto, HM. : 2002).
1.         Manajemen Proses
Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Sebuah proses memerlukan sumber daya (resource) tertentu, seperti: waktu CPU, memori, file


dan perangkat I/O untuk menyelesaikan tugasnya. Untuk mengatur proses yang ada, sistem operasi bertanggung jawab pada aktrifitas-aktifitas yang berhubungan dengan manajemen proses berikut (Jogiyanto, HM. : 2002):
a.         Pembuatan dan penghapusan proses yang dibuat oleh user atau sistem.
b.         Menghentikan proses sementara dan melanjutkan proses.
c.         Menyediakan kelengkapan mekanisme untuk sinkronisasi proses dan komunikasi proses.
Bila beberapa pekerjaan (job) harus dilakukan sekaligus oleh CPU, supaya proses dari CPU dapat lebih efisien, maka pekerjaan-pekerjaan tersebut perlu dijadwal untuk menyeimbangkannya. Dengan cara overlapped processing, penjadwalan dapat dilakukan dengan cara sebuah program melakukan operasi inputm program yang lainnya lagi melakukan operasi penampilan output (Jogiyanto, HM. : 2002).
Misalnya 3 buah pekerjaan sebagai berikut:
a.         Pekerjaan pertama memasukkan data dari terminal, data diolah dan direkamkan ke pita magnetik.
b.         Pekerjaan kedua mengambil datai dari disk, mengolahnya dan mencetak hasilnya ke printer.
c.         Pekerjaan ketiga juga memasukkan data dari terminal, mengolahnya dan mencetak hasilnya ke printer.
Bila ketiga pekerjaan tersebut dilakukan tidak dengan waktu yang bersamaan (nonoverlapped processing), maka pekerjaan yang satu hanya dapat dikerjakan bila pekerjaan sebelumnya telah selesai dikerjakan dan akan memakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ketiga pekerjaan tersebut akan lebih lama dibandingkan jika menggunakan overlapped processing

0 comments:

Post a Comment